Tahap Pencatatan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa - Kalian sedang mencari tahu tentang tahap tahap pencatatan siklus akuntansi perusahaan jasa. Ya, disini akan dijelaskan lengkap mengenai tahapan dari pencatatan siklus akuntansi perusahaan jasa. Sebenarnya Siklus Akuntansi terdiri dari 4 Tahap namun saya hanya akan menjelaskan cara pertama yaitu tahap pencatatan siklus akuntansi.
Transaksi dari perusahaan jasa adalah informasi awal dan utama yang perlu dan harus dicatat serta diolah sebagai dasar atau landasan untuk membuat laporan keuangan dari perusahaan jasa.
Ada beberapa langkah dalam melakukan pencatatan siklus akuntansi perusahaan jasa, yaitu :
1. Menyiapkan bukti transaksi atau sumber dokumen yang berasal dari nota, cek, memo, faktur, dan kwitansi.
2. Melakukan analisa ke Jurnal Umum. Setelah bukti transaksi dipersiapkan, lalu langkah selanjutnya yaitu melakukan analisa ke Jurnal Umum.
3. Memposting ke dalam Buku Besar. Setelah dilakukan analisa ke jurnal umum maka harus dipindahkan atau dengan kata lain di posting ke dalam Buku Besar.
Akun - akun dikelompokkan menurut golongannya, antara lain :
a. Akun Neraca atau Akun Riil = Akun yang akan dilaporkan dalam neraca selama periode tertentu. Yang termasuk akun riil adalah Harta, Utang, dan Modal.
b. Akun Nominal atau Akun laba-rugi = Akun yang dijadikan dasar dalam perhitungan laba-rugi. Yang termasuk akun nominal adalah Pendapatan dan Beban.
Itu adalah tahap-tahap pencatatan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Silahkan baca artikel lainnya di blog ini.